OSIS SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi menggelar lomba dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Berbagai macam lomba dipertandingkan dalam kegiatan tersebut. Diantaranya adalah ; lomba cerdas Al-Qur'an, Lomba MSQ, dan Lomba bercerita. Kepala SMP Islam Bukittinggi, UStadzah Busyra, S.Pd mengapresiasi kegiatan positif ini. beliau juga menyampaikan  tujuan memperingati Maulid Nabi yang pertama adalah lisyukri, yaitu bentuk syukur umat Muslim telah dilahirkannya Nabi Muhammad SAW. Bentuk syukur ini ditujukan tidak lain kepada Allah SWT, yang telah memberikan izin atas lahirnya Nabi Muhammad, sosok panutan sekaligus tauladan yang membimbing umat Islam.

                                                          Ustadzah Busyra,S.Pd  Kepala SMP I AL-Ishlah disela-sela penyampaian sambutan lomba

Tujuan yang kedua adalah lil imdah, yaitu memuji Nabi Muhammad karena alam tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad, sebagaimana tercantum dalam Hadits Qudsi, laulaka laulaka maa khalaqtu aflak. Ketiga, tujuan peringatan ini adalah thalabul ilmi, yaitu ajakan untuk mencari ilmu guna mempertebal keimanan dan akidah terhadap ajaran tauhid kepada Allah.

Bukan hanya itu, tujuan yang ketiga tersebut juga mendorong umat Muslim untuk mempelajari hukum-hukum dalam ajaran Islam lebih baik sehingga bisa berguna untuk kehidupan. Terakhir, tujuan memperingati Maulid Nabi adalah lil uswah, yaitu mempertegas keimanan bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi seluruh umat muslim. Di mana Nabi Muhammad satu-satunya utusan Allah yang menyebarkan sekaligus membimbing umat Islam untuk melaksanakan perintah dan ajaran Allah.

                                                       semangat para siswa dalam mengikuti perlombaan

 

Pihak sekolah juga memberikan apresiasi kepaad pembina OSIS, UStadzah Fitriyani, S. Pd I yang telah membimbing para panitia hingga acara tersebut berjalan dengan lancar , tertib, dan semangat.